Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Palembang Sumatera Selatan Contact Person : konisumsel@gmail.com

Selamat Datang di Situs KONI Sumsel

Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Jalan Jenderal Sudirman No 2534 Email : konisumsel@gmail.com

Kamis, 10 Juli 2008

Anggar Pertahankan Emas Sable Beregu Putra

Anggar Pertahankan Emas Sable Beregu Putra

Samarinda

Regu putra anggar Sumsel berhasil mempertahankan medali emas yang mereka ukir di nomor sable berebu pada saat PON 2004 di Palembang. Rully dkk berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan tim beregu putra Sulawesi Utara dengan skor tipis 45-39 pada partai final sable beregu putra di Hall C kompleks Stadion Sempaja Samarinda kemarin, Kamis (9/7).

Pelatih Anggar Sumsel, Lukman Ahmadi yang didampingi Lucky Ahmadi mengungkapkan rasa syukurnya dengan kemenangan ini. Berarti tim beregu putra cabor Anggar berhasil melampaui target medali yang diharapkan KONI Sumsel dari para zorro Sumsel ini. “Syukur alhamdulillah kita bisa mempertahankan kembali emas ini dan berhasil melampaui apa yang ditargetkan KONI,” ujar Lukman Ahmadi pelatih sekaligus ayah dari Lucky bersaudara (para pemain anggar Sumsel, red)

Jalannya pertandingan cukup menegangkan dimana Sumsel yang berhasil mengalahkan Jawa Barat dengan skor telak 45-24 di semifinal harus berhadapan dengan tim kuat dari Sulut yang berhasil mengalahkan DKI Jakarta dengan skor tipis 45-41.

Sumsel yang menurunkan Rully di babak pertamanya menang atas Michael dengan skor 5-1. Rizky yang turun di babak kedua berhasil menang atas Reffly, namun di babak ketiga, Agistha mendapat perlawanan yang cukup tangguh dari Begin namun skor berakhir 15-12 untuk kemenangan Sumsel.

Guna memperbesar kemenangan dan melihat atletnya Rizky mendapatkan perlawanan yang cukup tangguh, pelatih anggar Sumsel Lucky Ramdhani melakukan pergantian, Rizki digantikan Ade Indra. Strategi yang diterapkan ternyata cukup berhasil. Ade mampu mengatasi perlawanan Michael dan membawa kemenangan untuk Sumsel 20-16.

Di babak kelima, Rully yang meraih medali emas di nomor sable perorangan masih terlalu tangguh bagi Begin. Sumsel kembali memperbesar keunggulan dengan skor 35-18.

Babak kelima Sulut kembali memperkecil kekalahannya melalui Reffy yang berhadapan dengan Agistha. Namun perjuangannya meraih poin tetap membuat Sumsel unggul 30-26. Di babak ketujuh Ade Indra harus berhadapan dengan Olfy yang masuk menggantikan Begin. Tapi strategi ini terlihat sia-sia. Sumsel masih unggul.

Di babak kedelapan Agistha harus berhadapan dengan Michael. Babak penutup, Rully berhadapan dengan Reffly. Akhirnya, Rully memastikan kemenangan Sumsel di nomor ini dengan skor tipis 45-39.

“Kita bias menang lagi itu hal yang luar biasa. Karena kita hanya ditargetkan mendapatkan satu medali emas di PON kali ini. Dan itu sudah kita penuhi sekarang kita dapat lagi,” ujar Rully yang didampingi Agistha, Rizky dan Ade Indra usai menerima pengalungan medali.

Sementara itu, Lucky Ramdhani yang juga pelatih anggar Sumsel mengatakan ini merupakan keberhasilan yang membanggakan dimana Rully dkk mampu mempertahankan prestasi mereka. “Tahun 2004 kita dapat emas di nomor ini dan sekarang kita kembali meraihnya. Itu sungguh luar biasa,” ujar Lucky yang didampingi Lukman Ahmadi.

Lebih lanjut dikatakannya, Sulut merupakan lawan yang cukup tangguh bagi Sumsel dan memang merupakan musuh bebuyutan, namun karena latihan yang kontinyu sejak Juni 2007 yang lalu maka hasil memuaskan dapat ditorehkan anak asuhnya yang sebagian merupakan adik kandungnya ini.

“Sulut memang revans kita dari tahun-ke tahun, tapi anak-anak sudah tahu kelemahan dan keunggulan mereka sehingga mereka mampu mengantisipasi perlawanan yang diberikan,” pungkas Lukman Ahmadi.

Tidak ada komentar: