Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Palembang Sumatera Selatan Contact Person : konisumsel@gmail.com

Selamat Datang di Situs KONI Sumsel

Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Jalan Jenderal Sudirman No 2534 Email : konisumsel@gmail.com

Minggu, 20 Juli 2008

Herowanto Akhirnya Sumbangkan Perak

Herowanto Akhirnya Sumbangkan Perak
- Biliar Sumsel Rebut 1 Perak dan 3 Perunggu
- Hekta-Marlin Kandas di Delapan Besar

TARAKAN
Harapan Sumsel untuk meraih medali emas dari cabor biliar akhirnya kandas juga. Dari seluruh nomor yang diikuti, tidak satupun berhasil menyumbnangkan emas, termasuk dari nomor caroom tiga ban yang dipertandingkan, Selasa (15/7) di Lapangan Tenis Indoor Tarakan, Kaltim.
Harapan cabor biliar untuk menyumbangkan emas sempat muncul setelah Herowanto berhasil melangkah ke partai puncak. Namun sayang di partai final ini, Herowanto harus mengakui keunggulan James Lengkang dari Sulawesi Utara dengan skor 23-35. Hero pun hanya meraih perak, sedangkan emas direbut James Lengkang.
Hasil ini memupuskan harapan pebiliar Sumsel untuk meraih emas. Hero yang merupakan spesialis caroom tiga ban dan pada babak penyisihan pool, Minggu (13/7) lalu berhasil mengalahkan James Lengkang 27-26, gagal mengulangi sukses dan kalah.
Sebelumnya di babak semfinal, Hero melaju setelah menang 35-31 atas Tony Ho dari Jatim. Di semifinal ini, Hero sempat tertinggal jauh dari Tony Ho dengan skor 4-16 sebelum akhirnya berhasil unggul.
Pelatih biliar Sumsel, Hussein Adhan yang dihubungi mengatakan pada pertandingan final kemarin, Hero selalu tertinggal dalam pengumpulan poin. "Setiap Hero mendapatkan giliran, posisi bola selalu tidak enak atau dalam istilah biliarnya bola cau. James Lengkang selalu dapat mengunci dengan menempatkan posisi bola sulit sehingga inilah hasilnya, Hero hanya meraih perak," jelas Hussein.
Dengan perolehan satu perak ini, maka kontingen biliar Sumsel pada PON XVII Kaltim gagal merealisasikan target perolehan dua emas dari KONI Sumsel. Hekta Ahmad dkk hanya meraih satu perak dan tiga perunggu. Perak di sumbangkan Herowanto sedangkan perunggu di sumbangkan Hekta Ahmad di nomor single english, single snooker dan double snooker bersama Marlin.
"Inilah hasil yang kita dapatkan. Dengan hasil ini selesai sudah tugas atlet-atlet biliar Sumsel di PON Kaltim, dengan perolehan satu perak dan tiga perunggu. Kita masih lumayan. Kejurnas di Jakarta kemarin, Jateng dan Jambi sama-sama dapat 4 emas tapi di PON ini Jambi tidak dapat dan Jateng baru dapat satu emas. Malah Ricky Yang dan Zulfikri (atlet Jateng), perunggu pun tidak dapat," tukas Kabid Binpres Pengprov POBSI Sumsel ini.

Hekta-Marlin Kandas di Delapan Besar
Sementara nomor terakhir yang diikuti Sumsel di cabor biliar yakni nomor double english, pasangan Hekta Ahmad-Marlin juga gagal meraih medali. Kedua pasangan ini justru kandas di babak delapan besar atas atlet non unggulan dari Banten, Adi Braja dan Hairul dengan skor tipis 2-3.
"Kita maklumi juga karena kondisi tangan Hekta yang cedera. Ia pun tampil kurang maksimal karena ketiaknya cedera. Apa boleh buat, kita sudah berusaha maksimal dan sepertinya Tuhan memberikan hasil seperti ini," ujar Hussein.

Tidak ada komentar: