Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Palembang Sumatera Selatan Contact Person : konisumsel@gmail.com

Selamat Datang di Situs KONI Sumsel

Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Jalan Jenderal Sudirman No 2534 Email : konisumsel@gmail.com

Sabtu, 12 Juli 2008

Berita Anggar

Sable Beregu Putri Sumsel Akhirnya Kalah

SAMARINDA,
Tim anggar Sumsel yang turun di nomor sable beregu putri gagal melaju ke babak semifinal pada lanjutan pertandingan cabor anggar di GOR Hall C Kompleks Stadion Sempaja Samarinda, Sabtu (12/7) tadi. Bertemu tim kuat Sulawesi Utara, Novi Susanti dkk akhirnya menyerah kalah dengan skor akhir 38-42.
Kekalahan atas tim Sulawesi Utara ini sudah diprediksi sebelumnya. Pada nomor sable beregu putri, Sumsel hanya memiliki tiga atlet yakni Novi Susanti, Helsah Pratiwi dan Zakiyah. Praktis Sumsel mengandalkan Novi Susanti yang sudah lebih banyak pengalaman di even tinggi karena pernah turun di SEA Games 2007. Namun novi tergolong atlet junior yang baru muncul.
Sedangkan Sulut memiliki dua atlet senior yang juga sudah sering turun di SEA Games yakni Nency Manopo dan Veronica Kelmanu. Selain itu dua lagi atletnya yakni Indri Suwu dan Gladis merupakan atlet senior yang pernah di Pelatnas.
Pun demikian di pertandingan pertama, Sumsel yang menurunkan Helsah Pratiwi hanya kalah satu poin atas Nency Manopo sehingga skor 4-5 untuk Sumsel. Di game kedua Novi Susanti tampil maksimal dan merebut enam angka serta hanya kecolongan tiga angka atas Indri Suwu sehingga skor menjadi 10-8.
Pertandingan ketiga juga milik Sumsel dan Zakiyah mampu mengalahkan Veronica sehingga skor menjadi 15-12. Pertandingan keempat pun milik Sumsel sehinga skor berubah 20-16.
Di game kelima, Sulut mengubah strategi, mereka menurunkan Nency untuk menghadapi Zakiyah. Sedangkan atlet Sumsel yang sudah leading empat angka terlihat mulai kurang konsisten dan tergesa-gesa. Akhirnya game ini Zakiyah kalah atas Nency dengan skor telak 3-7. Begitu juga game keenam, Novi dikalahkan Veronica dengan 3-5 dan selanjutnya Zakiyah yang turun di pertandingan ketujuh berhasil dikalahkan Gladis yang menggantikan Indri dengan skor 3-5 sehingga skor total Sumsel ketinggalan 29-33.
Di dua game terakhir, Sumsel mencoba mengejar dengan menurunkan Helsa yang meghadapi Veronica tapi tetap kalah tipis 4-5 begitu juga game terakhir, Novi kembali kalah atas Nency 2-5 sehingga skor akhir menjadi 35-43 untuk Sumsel. Dengan kekalahan ini Sumsel gagal meraih tambahan medali dari nomor sable beregu putri.
"Anak-anak sudah maksimal. Untuk degen putri memang pemain kita masih muda-muda, semuanya belum pernah turun di PON kecuali Novi Susanti sehingga mereka masih tegang saat tanding. Menghadapi Sulut juga memang memberikan sedikit pengaruh terhadap mental pemain, apalagi Sulut diisi pemain senior," ungkap Lukman Ahmadi, pelatih anggar Sumsel.


Degen Beregu Putra Gagal Tambah Medali

SAMARINDA,
Pada pelaksanaan hari terakhir cabor anggar di GOR Hall C Kompleks Stadion Sempaja Samarinda, Sabtu (12/7), tim anggar Sumsel akhirnya gagal menambah pundi medali. Setelah Sable Beregu Putri baru saja kandas di perempat final, giliran tim degen beregu putra Sumsel juga gagal ke semifinal.
Tully Mauliadhani dkk gagal menyumbangkan medali setelah pada babak perempat final dikalahkan tim anggar Sulawesi Selatan dengan skor akhir 42-38. "Kita sudah berusaha sekuat tenaga tapi inilah hasilnya. Hanya kita puas, meskipun kalah selisih angkanya tidak terlalu jauh dan kalah tipis. Padahal degen beregu putra bukan spesialis kita. Atlet degen juga hanya dua, Joneska dan Ananda Raka Putra. Rully atlet nomor sable, tapi karena kita kurang atlet makanya ia diturunkan di degen," jelas Lucky Ramdhani, pelatih anggar Sumsel.
Sementara pelatih kepala tim anggar Sumsel, Lukman Ahmadi menambahkan untuk kategori degen, tim Sulsel memang jagonya. "Hanya saja sebetulnya kita bermain imbang. Anak-anak masih mampu menyamakan kedudukan dan kalah pun tipis tapi tidak apalah. Setidaknya di PON ini target mempertahankan medali sudah terpenuhi dan bahkan kita mampu menyumbang dua emas serta satu perunggu," imbuh Lukman.
Dengan hasil ini tuntas sudah pelaksanaan cabor anggar yang diikuti Sumsel. Rencananya pada Senin (14/7) lusa tim anggar Sumsel yang dipimpin Lukman Ahmadi akan kembali ke Palembang.
Sementara pada pertandingan lanjutan degen beregu putra, di semifinal tim Sulsel akan menghadapi tim Jakarta yang mengalahkan Kaltim dengan skor 45-30. Di partai semifinal lainnya tim Jabar yang menang atas Sumut 42-26 akan menantang Kalbar yang mengkandaskan Maluku 45-40. Dua laga terakhir anggar ini akan dituntaskan sore ini untuk menentukan peraih medali emas.

Tidak ada komentar: